Cara mengganti Background pada Photo

Cakar Media | Hallo Sob, Pada kesempatan kali ini cakar media akan share tips trik mengenai cara-cara mengganti Background photo dengan menggunakan Adobe Photoshop. Untuk menghilangkan background di photoshop ada beberapa cara yang bisa teman-teman gunakan, karena dengan Photoshop anda bisa berkreasi dengan berbagai macam fitur yang Full Tool yang nantinya disesuaikan saja dengan kondisi foto dan mut anda. disini saya akan membagi dua bagian  foto yang akan di edit (hilangkan Backgroundnya) sesuai dengan kondisinya.
1. Foto Non Formal
2. Foto Formal
Umumnya foto formal dan non formal memiliki latar belakang yang berbeda, foto formal biasanya memiliki warna background yang yang digunakan hanya satu warna latar merah atau biru dan ini biasanya sering digunakan untuk keperluan formal seperti KTP, SIM, Pasport, Ijazah dan sejenisnya. Kalau Foto non Formal biasanya foto-foto yang memiliki gaya tersendiri dan latar belakang yang beragam, untuk yang satu ini memang agak susah untuk di edit backgroundya, tapi tenang aja gan! dengan menggunakan photoshop teman-teman bisa mengeditnya (Manipulaisnya)serapih mungkin.

Edit Photo Formal 

Caranya, buka program PS anda dan masukan photo asli yang mau anda edit backgroundnya.
berikutnya gunakan tool yang anda suka, umumnya jika kondisi seperti yang diatas ini mudahnya adalah menggunakan Magic Wan Tool dan Quick Selection Tool

atau dengan Magic eraser Tool (saya tidak menyarankan yang ini) tapi jika anda mau bersabar anda bisa menggunakan Pen Tool.

Cara menggunakan Quick Selection Tool, Anda bisa menggunakannya dengan 2 cara, yang pertama anda bisa menggunakannya dengan menyeleksi area luarnya (Backgroundnya) yang kedua anda juga bisa menyeleksi area dalamnya (objeknya), caranya Klik bagian yang di atas bar seperti gambar dibawah ini (anda bisa pilih salah satu yang (+) atau (-)

Setelah itu ubahlah besaran volumenya Size nya sesuai dengan ukuran kebutuhan foto anda dengan klik arah panah kebawah lalu menggeser bar size nya.

berikutnya arahkan ke foto yang mau di edit dan tahan disertai menggeser mouse hingga terbentuk bagian garis-garis terputus disekelilingnya.
contoh seleksi di luar area objek menggunakan selection tool tanda (+)

Namun jika anda menggunaka cara ini anda harus menyeleksinya lagi dengan cara menekan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+i sehingga terbentuk seperti ini

anda bisa lihat perbedannya kan!?...
Berikutnya menggunakan dengan cara selection (-) sama seperti sebelumnya, namun kali ini anda harus pilih yang (-) lalu gosokan mousnya di bagian objeknya hingga terbentuk seperti pada gambar yang diatas (mulailah dengan kesabaran, maka akan terbentuk kebiasaan)
jika sudah terbentuk seleksi seperti pada gambar yang diatas.
Langkah yang berikutnya sekarang anda buat masking, caranya klik ikon kotak berbulat seperti dibawah ini.

sehingga terbentuk sebuah masking pada layer

dan hasil pada foto anda, backgroundnya menjadi hilang.

Sekarang buat layer baru di bawahnya, klik New layer, dan buat layer tersebut menjadi berwarna biru.

Untuk mengubah menjadi warna biru pastikan settingan Foregroundnya berwarna biru

Tekan Tombol ALT+Del untuk menerapkannya ke layer. hingga menjadi seperti ini


Untuk menghilangkan sisa warna merah yang melekat di tepian gambar anda bisa menggunakan teknik blending mode, atau anda bisa hapus dengan brush tool.
Kalau Teknik Yang lebih Mudah lagi ada disini Cara Mudah Ganti Background Foto.

Edit Photo Non Formal 
Buka photo non formal anda, contoh saya gunakan photo keponakan (zeelong)


saya akan gunakan cara yang sama seperti yang diatas quick selection tool serta menggunakan pen tool.

Bagian tersulit pada gambar diatas adalah mempertahankan rambut agar tidak terpotong, caranya adalah stelah terseleksi seperti ini tekan kombinasi CTRL+ALT+SHIFT berikutnya klik menu select pilih Refine Edge.

Berikutnya aturlah konfigurasinya sesuai dengan kondisi foto, saya menggunakan Smart Radius untuk ketajaman pixelnya


lalu sapu lah bagian pinggirnya hingga terbentuk seperti ini

setelah itu klik Outputnya menjadi New Layer, sehingga terbentuk seperti ini :
Anda bisa lihat gambar dibawah ada beberapa bagian gambar yang belum terpotong backgroundnya, nah untuk bagian yang ini saya akan gunakan Pen Tool untuk memotongnya. 
Caranya,
Klik Pen Tool lalu mulailah dari titik yang pertama mengikuti pola gambar sehingga membentuk sebuah seleksi.

Temukan titik ujung seleksi dengan ujung seleksinya, lalu klik kanan pilih Make Selection, hingga terbentuk garis-garis putus, berikutnya tekan delete untuk menghapusnya, berikutnya tekan CTRL+D untuk menghilangkan garis-garis putusnya.



lakukanlah cara yang sama pada gambar yang memiliki sisa background, setelah itu coba anda ganti backgroundnya sesuai dengan kesukaan anda.


Nah itu lah sobat muda cara-cara nya untuk mengganti Background pada Photo dengan menggunakan Program Photoshop. Terima kasih semoga ada manfaatnya.

Video Terkait untuk mengganti Background


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar