Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel 2016


Cakar Media | Halo kawan Cakar Media, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips membuat penomoran secara otomatis di Ms.Excel 2016. Didalam penggunaan Ms. Excel selalu berkaitan dengan angka, penghitungan, akuntansi dan lainnya, untuk memberikan kemudahan dalam pembuatan nomor urut yang secara otomatis di Excel tentunya mejadi syarat mutlak yang harus kita kuasai. Lantas bagaimanakah caranya untuk membuat penomoran secara otomatis ?... yuk kita simak.
didalam pembuatan penomoran secara otomatis di excel ada banyak cara, akan tetapi disini say akan menerapkannya dengan dua cara.
yang pertama
Buatlah nomor urut mulai dari angka 1 dari Cell yang anda maksud dan berikutnya masukan angka persis dibawah angka 1, lihat gambar dibawah.



Berikutnya seleksi no urut tersebut dan arahkan kursor mouse anda ke bagian handle pada bagian pojok bawah kanan sehingga tampilan kursor mouse anda berubah bentuk menjadi +, berikutnya tarik dengan cara drag and drop ke bawah sehingga muncul beberapa nomor urut yang baru.



Hasilnya adalah sebagai berikut.

Yang Kedua
Untuk cara yang kedua ini adalah menggunaka fungsi rumus atau Formula. Fungsi formula atau yang lebih dikenal dengan rumus excel adalah fungsi yang penggunaannya hanya memasukan rumus seperti tanda = dan operator matematika lainnya. caranya :
masukan angka 1 pada cell yang di inginkan lalu masukan rumusnya. Lihat pada gambar dibawah ini.


Keterangan :
Pada kolom A baris 4 terdapat angka 1 yang dimana itu adalah merupakan No urut yang pertama.
Pada kolom A baris 5 terdapat rumus atau fungsi dari excel untuk penjumlahan, jadi logikanya 1+1 adalah 2 yang dimana rumusnya adalah =A4+1, setelah itu tekan tombol enter, secara otomatis akan muncul angka 2, untuk melanjutkan nomor berikutnya tariklah handle yang ada di bawah pojok kanan pada nomor urut 2 sehingga muncul nomor urut yang baru.
nah itulah cara-cara membuat penomoran secara otomatis di Ms. Excel 2016.

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar