Cara Membuat Miniatur di Photoshop

Cakar Media | Hallo Sobat Muda, kali ini Cakar media akan kasih Trik cara membuat miniatur dengan photoshop. Mungkin teman-teman pernah melihat beberapa photo yang bentuknya seperti miniatur dengan ukuran yang kecil mirip seperti aslinya, Ada beberapa photo yang beredar di internet saya akan berikan satu contoh dibawah, mungkin anda akan beranggapan bahwa photo tersebut adalah miniatur, akan tetapi itu merupakan hasil manipulasi dari photoshop, berikut gambarnya:

Nah selintas memang terlihat seperti miniatur kan?... lantas bagaimana cara membuatnya ?...
cara membuatnya sebenarnya cukup mudah untuk tingkat pemula dan menengah, hanya menggunakan teknik Reflection pada bagian sisi gambar lalu di bumbui dengan berbagai macam pengaturan warna. Untuk membuat photo seperti miniatur, anda harus memiliki pose foto yang shoot capturenya agak jauh/ jarak jauh dari atas lebih baik.

Caranya Untuk Membuat Foto Miniatur dengan Photoshop sebagai berikut :
Silahkan teman-teman buka photoshop dan masukan gambar yang sudah anda siapkan, saya sudah menyiapkan gambarnya seperti ini :

setelah itu, buatlah duplikat gambar dengan menekan tombol CTRL+J sehingga membentuk dua layer gambar yang sama

Langkah berikutnya, buat masking pada layer yang diatas pada gambar saya nama Layernya (Background Copy), cara membuat maskingnya dengan cara klik Ikon kecil di bawah layer

sehingga terbentuk layer putih yang berdempetan di samping kananya.
Berikutnya arahkan kursor mouse anda ke bagian Gradient Tool

berikutnya atur type gradasinya menjadi Reflected Gradient, dan klik Gradasinya lihat pada gambar dibawah ini mulai dari angka 2 dan 1

pada bagian edit gradientnya pilih Black White

Setelah itu, sekarang kembali ke Layer, pilih pada bagian Layer yang di masking yaitu layer putihnya.

Selanjutnya arahkan mosue ke bagian gambar dan tentukan arahnya dari sudut tengah ke atas atau ke bawah, dengan cara drag and drop mouse.

setelah anda lakukan, pastikan gambar ikon layernya berubah seperti ini

Berikutnya, aktifkan layer yang paling atas di bagian layer gambar (bukan yang maskingnya) lalu klik menu Filter > Blur > Lens Blur, sehingga tampil seperti ini, dan aturlah konfigurasinya seperti pada gambar.

Jika sudah selesai klik OK,
Sekarang, anda hapus pada bagian gambar objek yang terkena blur dalam hal ini adalah bagian keretanya, hapus menggunakan Brush tool atau dengan eraser Tool.

Hapuslah dengan hati-hati dan mainkan juga size serta opacitynya dari Eraser Tool, sehingga gambarnya menjadi seperti ini

Jika sudah jadi seperti ini, Nah sekarang saatnya anda berkreasikan dengan menggunkan manipulasi warnanya dengan Hue Saturation atau Channel Color.
Selamat mencoba. terima Kasih :-)

Anda Juga Bisa Lihat Tutorial Videonya dibawah ini


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar