Cara Membuat Database dengan Ms. Access 2016

Cakar media | Hallo Sobbat Muda, pada kesempatan kali ini cakar media mau share tentang membuat database dengan menggunakan program Microsoft Office Power Point 2016.
Pembuatan database disini dapat digunakan juga untuk program Office versi di bawahnya, pada dasarnya perbedaan versi office tidak terlalu signifikan. OK langsung saja kita buat Databasenya.

Buka program Ms. Office 2016 dari mana saja, asalkan kebuka, :-)
berikutnya pilih Blank Desktop Database untuk membuat database secara custom.


Berikutnya Buat Nama filenya, dalam kasus ini saya akan membuat Database Dafatar siswa yang ada di kelas TKJ 1


Berikutnya klik Save dan buat nama Tabelnya, disini saya akan membuat nama tabelnya dengan nama "Siswa_TKJ" tanpa tanda kutip.


Setelah dibuat nama tabelnya, sekarang pilih  Viewnya dan ubah menjadi menjadi Design View agar lebih mudah dalam pembuatan Field serta kofigurasinya.


Berikutnya input pada kolom field Name nya dengan field dibawah ini : 
1. NISN
2. Nama
3. L/P
3. Usia
4. Alamat
5. No_Telepon
Masukan field tersebut kedalam kolom fieldnya. 

Hasilnya :



Penjelasannya :
Field name Merupakan nama dari Kolom, contoh Kolom Nama, Kolom Nisn dan seterusnya
Data Type Merupakan jenis tipe data yang berfungsi untuk menyesuaikan berdasarkan karakter dari data yang di input, seperti jika data tersebut berupa angka maka opsi yang dipilih adalah type data Number, jika berupa data campuran maka yang dipilih adalah jenis Text.
Deskripsi merupakan sebuah penjelasan dari fieldnya. Ingat didalam pembuatan nama field diharapkan tidak menggunakan karakter "." "," atau spasi.
Langkah berikutnya coba anda ubah tampilannya menjadi Datasheet View untuk menginput data nya.


Berikutnya masukan datanya seperti contoh pada gambar dibawah ini.


Nah, itulah langkah awal cara-cara membuat Database dengan menggunakan Ms. Access 2016, akan tetapi untuk membuat database hanya membuat tabelnya saja belumlah sempurna, karena database itu merupakan sebuah data yang saling terintegrasi cara pemanfaatannya agar lebih dinamis. Insha Allah saya akan lanjutkan Tutorial lanjutannya di Cakar Media. Mohon maaf jika ada kekurangannya. Terima kasih

Berikut Video Tutorial Cara Pembuatan Database di Ms. Access 2013


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar