Cara Membuat Video Yang Berkualitas


Cakar Media | Hallo Sobbat Muda, Jumpa lagi dengan cakar media tutorial, pada kesempatan kali ini CM akan membahas bagaimana Tips membuat video tutorial yang berkualitas. Tentunya anda pasti sedang mencari tips-tips membuat tutorial yang berkualitas sehingga video tutorial anda banyak yang menonton, like, sahre, dan memiliki rating yang tinggi. OK kali ini CM akan share Tips nya.
Untuk membuat video tutorial yang berkualitas serta baik adalah bukan hal yang mudah jika didalam diri anda masih memiliki karakter malas untuk belajar, tentunya ini menjadi sebuah ukuran sejauh mana anda menguasai materi yang akan anda sampaikan. Karena untuk membuat Tutorial itu anda harus menguasai materi agar tidak terkesan gagap/gugup/gegap gempita :-).. untuk itulah selagi masih banyak waktu banyak-banyaklah belajar, karena dengan belajar kita akan menjadi lebih baik dan pintar, bukan kah begitu ?..
Tips Yang Pertama
Untuk tips yang pertama ini adalah seperti apa yang saya katakan sebelumnya yaitu “Belajar” untuk belajar ini kita tidak mesti harus pergi ke sekolah, ke kampus atau ke tempat pengajian, anda bisa mengubah paradigma belajar ini dengan cara menguasai materi dengan cara Otodidak, artinya kita harus melakukan ini itu secara mandiri (belajar sendiri) dengan menggunakan metode elaborasi, eksplorasi atau melakukan riset-riset yang anda anggap penting “siapa tau anda bisa jadi Profesor” xixixixi… Awas ntar palanya bisa Botax loohh!  tujuan dari tips yang pertama ini adalah untuk mengasah atau mempelajari hal yang baru untuk anda sapaikan pada Video Tutorial anda, contoh saja anda mau membuat Video tutorial tentang mengedit gambar di Photoshop, sudah barang tentu sebelum anda memPosting videonya pasti anda mempelajari dulu kan cara mengedit photonya ? hal ini semata agar video tutorial anda terkesan profesionalllll..
Tips Yang keDua
Setelah anda sudah banyak belajar dan banyak menguasai Materinya lalu apa lagi yang diperlukan untuk membuat video tutorial yang berkualitas itu ?…. Jawabannya adalah Gunakan Software Screen Recorder (Perekam Aktifitas Layar Komputer) Jika anda membuat video tutorial yang kaitannya dengan Software, bukan menggunakan kamera HP yang anda rekam ke layar komputer. Sekarang ini banyak sekali software Screen Recorder yang dapat anda gunakan mulai dari yang trial sampai yang berbayar, contoh Camtasia, Screen Cast O Matic, BlueBerry FlashBack Express Recorder, Rylstim Screen Recorder dan masih banyak lagi yang lainnya.
Tips Yang KeTiga
untuk tips yang ketiga adalah encoding hasil video anda dengan kualitas tinggi HD, biasanya pada setiap video editing sudah tersedia fasilitas Render yang High Definition (HD), karena dengan kualitas Video yang baik maka pemirsapun akan lebih nyaman Menonton dibandingkan dengan kualitas Small.
Tips Yang KeEmpat
Gunakan Kualitas suara audio anda dengan jernih (jangan geresek-geresek) kaya radio AM, hehehe dengan menyampaikan presentasi melalui Video tutorial itu Suara anda harus benar-benar jelas untuk memberikan keterangan, dengan kualitas suara yang baik penyampaian informasi pun akan lebih mengena.
Tips Yang KeLima 
Perhatikan durasi video anda, untuk yang satu ini terkadang kita suka lupa untuk mengatur waktu lamanya presentasi tutorial. Gunakan waktu yang tidak singkat dan tidak terlalu lama, lantas idealnya berapakah lama waktu yang harus di tentukan? biasanya para master-master video tutorial membuat video tutorialnya dengan rentang 10 sampai 11 menit itupun menurut mereka sudah terlalu lama, menurut mereka video yang jaraknya lama akan menyebabkan si pemirsa cepat bosan dan ngantuk! selanjutnya belum sampai 3 menit video kita di putar penonton langsung kabur ke channel yang lain. “Sakitnya tuh disini”… ada sebuah pertanyaan. bagaimana kalau saya mau membuat video tutorial yang memang materinya banyak ? sudah pasti video itu durasinya panjang! Jawabannya simple saja, buatlah video anda menjadi beberapa segmen misalnya Video bagian 1, bagian 2, Bagian 3, dan seterusnya, kalau dipaksakan juga sampai 1 Jam, bisa-bisa video anda bukannya di tonton tapi malah di Download, xixixi Buat Publisher Youtube pasti akan merasa sakit Hati banget nih!!…
Tips Yang KeEnam
Gunakan Bahasa yang Baik dan benar, untuk hal yang ini terkadang memang agak sulit ya, karena di Indonesia itu banyak banget suku bangsa dan ras terkadang dialek serta konotasinya sedikit berbeda. Untuk hal ini saya tidak akan membahas lebih jauh, Tapi intinya jika anda membuat tutorial yang menggunakan bahasa Indonesia Gunakanlah Bahasa yang baik yang tidak mengandung SARA dan juga tidak terlalu banyak menggunakan kalimat-kalimat GAOOOLL… karena dari bahasa, orang akan menilai kualitas diri kita.
Tips Yang KeTujuh
Gunakan Bahasa yang sederhana, bukan bahasa yang terlalu intelek. seperti pada point yang KeEnam bahasa itu menentukan kualitas diri kita, akan tetapi disini anda juga harus mementingkan selera pasar yang dimana penikmat video tutorial adalah  kalangan Umum, bukan kalangan Elite, walaupun anda seorang ahli sastra, bahasa, politik dll, tapi dalam hal ini anda harus singkirkan Ego anda itu tujuannya adalah untuk memudahkan penoton/pemirsa untuk menyerap materi video tutorial anda, karena tingkatan daya tangkap manusia berbeda-beda, maka drai itulah gunakan gaya bahasa yang sederhana.
Tips Yang KeDelapan
Konsisten dengan materi, dibagian yang kedelapan ini anda harus benar-benar konsisten dalam memberikan tutorialnya, artinya materi yang anda sampaikan itu tidak ngawur kesana kemari, jika hal ini terjadi bisa-bisa anda akan di tertawakan oleh pemirsa karena terkesan tidak PRO bahkan terkesan main-main atau jangan-jangan Curhat :-).. sajikan materi yang Jelas, Lugas, tepat sasaran.
Nah itu lah delapan Tips Membuat Video Tutorial Yang Berkualitas dari cakar Media, insha Allah di lain kesempatan akan disambung dengan Tips-tips yang lebih hebat lagi, semoga bermanfaat untuk anda, Sekian Wassalam…
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar