Cara Mengganti IP Address Lewat CMD



Cakar Media | Hallo Sobbat Muda Jumpa lagi bersama saya dengan Aing Lee, kali ini saya mau share bagaimana cara mengganti IP Address dari Command Prompt. Ok langsung saja ya sobbat muda, kita ke TKP.
Langkah pertamanya adalah Buka CMD via Run

atau dari Klik Start >> all Program >> Accessories pilih >> Command Prompt
berikutnya, jika sudah terbuka sekarang kita akan melihat dulu perangkat jaringan yang terpasang pada PC/laptop dengan perintah ipconfig/all hasilnya anda bisa lihat pada gambar dibwah ini


target saya adalah mengganti ip address LAN (Local Area Connection) bukan yang wireless.
Sekarang ketik perintah netsh interface ip set address name="local area connection" static 192.168.1.1 255.255.255.0 192.168.1.2 dalam hal ini sesuaikan saja IP nya pada jaringan anda.


jika sudah beres, sekarang saya akan melakukan perubahan pada DNS servernya, perintahnya adalah : netsh interface ip set dns "Local Area Connection" static 8.8.8.8 untuk nomor DNS servernya saya menggunakan DNS google, tapi anda sesuaikan saja dengan jaringan anda.


Sekarang coba anda lihat dengan menggunakan GUI dari propertis LAN anda, maka hasilnya
seperti pada gambar di bawah ini


Berikut perintah untuk DHCP nya
netsh interface ip set dns "Local Area Connection" dhcp
netsh interface ip set address "Local Area Connection" dhcp
Catatan: jika anda ingin mengubah bagian jaringan Wirelessnya tinggal ganti saja dengan "Wireless Network Connection"

Nah itulah cara-cara mengganti IP address via CMD, semoga bermanfaat. 


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar