Pengertian Array Pada PHP


Cakar Media | Hallo sobat muda jumpa lagi dalam materi pembelajaran PHP, kali ini cakar media akan membahas tentang mengenai Array, apa itu array? apakah nama orang?..hehehe oh bukan! Array adalah sekumpulan elemen yang memiliki tipe data yang sama. Di dalam array terdapat data yang tersimpan dengan menggunakan index untuk memudahkan pencarian pada data.Berbeda dengan variabel yang hanya memiliki sebuah nilai sedangkan array memiliki sejumlah nilai.
Data di dalam suatu array di sebut elemen arrai.Data di dalam elemen array tersimpan di dalam tipe data yang sama oleh karena itu array memiliki sifat multi dimensi.Ok sekarang kita akan coba membuat contoh array berikut ini :
<?php
$Nama[0]="Tika";
$Nama[1]="Kartika";
$Nama[2]="Bagol";
Print "Hallo Nama saya $Nama[0] dan nama teman-teman saya adalah $Nama[1], $Nama[2]";
?>
Coba anda copy script php diatas atau anda ketik ulang dengan teks editor, dan simpan di direktori htdocs lalu eksekusi di browser, dengan catatan program lokal servernya sudah di Runing.
maka hasilnya seperti ini :

 Sekilas sangat mirip dengan bentuk Variabel, hanya saja terdapat kurung bersiku [ ] atau dikenal dengan istilah Vektor yang fungsinya untuk membedakan $Nama satu dengan yang lainnya.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga ada manfaatnya dan akan di lanjutkan kembali pada materi berikutnya.
Terima Kasih.
Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Click here for komentar
Sapar Uddin
admin
26 December 2016 at 23:18 ×

mantap
My blog

Congrats bro Sapar Uddin you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terima Kasih Sudah Berkomentar