Cara Menonaktifkan Cell di Ms.Excel

Hallo sobat muda, kali ini Cakar Media Tutorial mau share elmu tentang bagaimana cara menyembunyikan Cell yang berada di Ms. Excel.
Untuk melakukan proteksi Cell yang berada di lingkungan Ms. Excel bisa dilakukan di Ms. Excel versi apa manapun, tapi dalam hal ini saya menggunaka Ms. Excel 2013.
Ok langsung saja, sebenarnya apa sih untungnya memproteksi cell yang berada di Excel itu ?.. mungkin sobat pernah menemukan beberapa file Excel yang bagian Cell nya di protek atau tidak dapat di edit, kalu pernah pasti tau kan apa untungnya? yupz untungnya adalah menyembunyikan atau di proteknya bagian cell yang tidak ingin di ketahui oleh orang atau dengan karena alasan fleksibelitas untuk pekerjaan yang berkaitan dengan form di excel. lantas bagaimanakah caranya, yuk kita simak !

Buka lembar Ms. Excel, disini saya akan memberikan contohnya saja, mungkin anda bisa improvisasiny sesuai dengan kebutuhan anda.
Buatlah datanya seperti ini sebagai contoh


Kemudian Seleksi/blok bagian yang tidak ingin di protek (untuk isian Form)


berikutnya klik kanan pilih Format Cells lalu pilih menu Protection seperti pada gambar dibawah ini, lalu hilangkan tanda centangnya, lalu klik OK.


berikutunya, blok semua cells dengan cara CTRL+A berikutnya klik Format pada menu Home lalu pilih Protect Sheet seperti pada gambar dibawah ini 


lalu masukan Password dan biarkan ada tanda centang di bagiannya. 


Masukan lagi passwordnya 


setelah itu klik OK, dan proses proteksi/menyembunyikan Cells sudah selesai, dan silahkan sobat coba mengetikan pada bagian Cell yang lain, maka akan muncul notifaksi seperti ini
masukan data pada form yang tidak di protek, maka hasilnya seperti ini 

Terima Kasih..


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar