Cara membuat Video Clip Sendiri

Cakar Media | Apakah anda seorang pemusik ? atau punya cita-cita jadi sutradara ? atau juga sebagai editor film ?... jika ya! yuk kita gali informasi mengenai bagaimana cara membuat video clip sendiri buatan tangan kita sendiri. Banyak orang menganggap membuat video clip itu harganya sangat mahal, dengan berbagai peralatan dan property yang begitu banyak, belum lagi dengan biaya figuran dan artis-artisnya. Yups! Memang demikian jika ingin hasil yang pro, tapi alangkah lebih baiknya jika kita seorang pemula apalagi dengan wawasan yang masih minim alias amatir, belajar dengan menggunakan peralatan yang seadanya, karena hasil yang maksimal itu harus diawali dengan dari bawah dan kesabaran yang ekstra. Lantas bagaimanakah caranya untuk membuat video clip dengan buatan kita sendiri alias indent? Caranya sebenernya gampang aja sob!

1.  Alat dan Bahan
Untuk menciptakan sesuatu tentunya harus ada alat dan bahan, apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk membuat video clip.
Camera










Kita bisa menggunakan camera dari mulai yang rendahan sampai yang bagus, tetrgantung kocek anda, tapi dalam hal ini sebagai pemula jika tidak ada kamera yang bobotnya berat seperti kamera yang buat bikin film yang di Holywood, gunakan saja camera HP, atau Pocket yang terpenting adalah prosesnya. Kita bias gunakan camera HP yang pixelnya lumayan lah.

Memory Card
Siapkan juga kartu memory yang kapasitasnya besar, karena dalam pembuatan video clip membutuhkan beberapa adegan/scane yang nantinya kita akan olah sedemikian rupa, bahan yang ini jangan sampai di remehkan ya sob! Karena saya pernah mengalaminya, ketika sedang merekam adegan yang berikutnya tiba-tiba memorynya full. Terpaksa dech harus cari toko yang jual memory, wakwaaaaww!!
Batu batre/Power Bank
Dalm hal rekam merekam tentunya membutuhkan daya batre yang maximal, karena alat yang kita pergunakan adalah untuk merekam yang dimana aktifitas alat harus selalu stand by. Nah kalo batrenya habis gimana dong! Masa mau cari tiang listrik dulu !! hehehe
Laptop/Netbook
Jika anda ingin lebih irit memory atau ingin melihat hasil-hasil yang kurang maksimal kita bisa menggunakan laptop sebagai bahan evaluasinya, utnuk mereview adegan-adegan yang dirasa kurang baik.
Master Record (Hasil rekaman)
Yang satu ini mesti kita punya sob tentunya, kan judulnya membuat video clip tentunya anda sudah memiliki master recod lagu anda yang ingin dijadikan video clipnya, nah fungsinya buat apa? Fungsinya untuk mencocokan antar gerakan mulut atau gerakan memainkan alat music dengan lagu dalam istilahnya dubbing, jadi ilustrasinya begini :
Jika master record yang kita mainkan dengan vocal A maka mimic si vocalis juga harus berekspresi A, begitu juga dengan si pemain musiknya, misalkan didalam master record nya sedang menghentakan alat music drum nya ke Snar maka ekspresi si pemain drumnya juga harus ke Snar drum, jangan ke symbal! Nanti kaga cocok sob, kan jadi lucu!! Hehehe..
Story Board
Oya bahan yang ini juga jangan sampai ketinggalan nih sob, mungkin kalo diartikan artinya Alur Cerita. Fungsinya adalah untuk memahami alur cerita dari scane video yang anda buat. Buatlah Story board dalam bentuk kertas lembaran dan dibagikan kepada artisnya agar dia bias memahaminya apa yang harus dilakukan pada setiap adegan. Jadi kalau cerita di lagunya mengenai percintaan maka yang cocok tema nya adalah adegan yang romantic-romantis gitu sob!! Hahahahay
Software Editing
Untuk bagian yang ini tentunya anda sudah memperkirakan apa fungsinya, yapz! Fungsinya untuk editing video atau suara. Anda bias menggunakan jasa editing dari orang yang professional atau jasa teman anda yang sudah menguasinya, dalam hal ini anda bisa menggunakan software video editing semacam, Ulead video editing, Pinnacle, After Effect, Adobe primere, Camtasia atau sony Vegas. Untuk audio editingnya bias menggunakan FL Studio, Nuendo atau sejenisnya.

2. Property
Pakaian
Dalam hal ini anda harus bias menyesuaikan saja sob, gunakan pakaian yang seadanya paling tidak yang cocok lah untuk seorang musisi, gak perlu mahal kan?..
Alat music
Nah pada bagaian yang ini emang agak sedikit berat ya sob! Jika membuat video clip music memang harus ada instrument musiknya ya sob, kalo gak ada, kelihatannya ada yang ganjil. Memang tuntutnya seperti itu, untuk menyiasatinya cari studio music yang sudah anda kenal atau dimana tempat anda latihan band, sewa kira-kira 2 jam atau 3 jam untuk ambil sacane action menggunakan alat musiknya, jadi anda tidak perlu lagi bawa-bawa alat musiknya.

3. Lokasi Syuting
Untuk lokasi mungkin anda bisa cari tempat yang gratis sob atau yang tidak terlalu mahal biaya charge nya. Karena umumnya di Negara kita ini begitu kalau mau pakai tempat harus bayar dulu ke management nya atau ke satpamnya, hehehe (pengalaman). Tapi gak tau juga sih kalo di Negara laen mah!.

4. Artis/Figuran
Untuk yang bagian ini saya rasa anda sudah memiliki kenalan ya sob, tapi saya sarankan pakailah artis dari band anda sendiri, ya iyalah! Masa pakai band orang lain, wong kita mau buat video clip band sendiri! Masa pakai artisnya dari band Metallica! Hahahaha…

5. Makanan/minuman dan obat-obatan
Point yang terakhir adalah bahan pangan dan obatan sob, hehehe jangan samapai lupa ya untuk point yang ini, kalo gak ada ini ntar ente-ente pada kelaparan dan kehausan sob! Hehe
Nah itulah beberapa point penting dalam membuat video clip secara indent, untuk proses editing pembuatan videonya akan saya lanjutkan di artikel berikutnya, atau anda bias lihat pada video tutorial dibawah ini.
Terima kasih telah membaca artikel dari Cakar Media, jika ada kekurangan dan kesalahan mohon di koreksi atau ditambahkan pointnya.

jika copy paste sertakan link sumbernya ya broo!!

Video Cara membuat Video Clip dengan Camtasia

Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Click here for komentar
Putrika Sari
admin
25 July 2017 at 05:18 ×

Video buat bahannya kan ada suaranya, itu gimana buat hilangin suaranya?

Congrats bro Putrika Sari you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terima Kasih Sudah Berkomentar