Belajar PHP If Statement


Cakar Media | Hallo sobbat Muda, sekarang kita akan lanjutka materi Belajar PHP dengan fungsi If Statment. Mungkin jika anda mempelajari bahasa pemerograman tidak akan lengkap belum ada fungsi if dan fungsi if ini digunakan untuk membuat berbagai ekspresi yang berbeda, misalnya apabila sebuah ekspresi benar atau pernyataan benar maka kode yang ada didalam ekspresi tersebut akan dijalankan sesuai dengan pernyataannya. nah untuk memahaminya perhatikan diagram koding fungsi if dibawah ini :

if (pernyataan atau ekspresi 1)
{
// Kode yang dijalankan apabila sebuah pernyataan 1 benar
}
else if (pernyataan yang lain 2)
{
//Kode yang dijalankan apabila pernyataan 1 salah
//dan pernyataan yang ke 2 benar
else
{
//Kode yang dijalankan apabila pernyataan 1 dan 2 salah
}

Gambarannya begini :
Apabila sebuah pernyataan 1 bernilai benar maka kode yang didalamnya akan di jalankan atau di eksekusi, dan setelah itu selesai atau beres. namun jika apabila pernyataan 1 salah maka program akan membacanya ke pernyataan yang ke 2, apabila pernyataan 2 benar maka kode program akan dijalankan dan selesai. akan tetapi bila perntaan yang ke 2 salah maka program akan menjalankan kode yang berada di dalam else dikarenakan semua peryataan salah. dalam hal ini anda bisa menambahkan fungsi else if sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan program anda, untuk lebih jelasnya coba anda praktikan langsung koding program dibawah ini untuk membuktikannya, dan ubah-ubahlah nilainya pada bagian variabel X, setelah itu anda runing di browser anda yang sudah terinstallasi lokal servernya.
<?php
$X=4;
if($X>5){
print "$X lebih besar dari 5";
}else if ($X<5){
print "$X lebih kecil dari 5";
}else if ($X==5){
print "$X sama dengan 5";
}else{print "$X bukan merupakan jenis angka";}
?>
keterangan koding diatas adalah :
Bahwa Variabel X menyimpan sebuah Nilai yaitu angka 4. angka 4 tersebut tidaklah lebih besar dari angka 5 untuk itu maka pernyataa yang pertama di lewati. pada bagian else if berikutnya di coba apakah 4< 5, dan tentu saja hasilnya benar, maka blok koding yang didalamnya akan dijalankan. untuk eksperimen anda cobalah mengubah-ubah nilai pada Variabel X dari yang terkecil hingga yang terbesar, dan lihatlah hasilnya.
Cukup sampai disini dulu, semoga ada manfaatnya Sekian, Terima Kasih

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar