Apa itu PHP ?....



Cakar Media | Assalamu'alaikum, Wah ketemu lagi dengan ane di Cakar Media, sebelumnya saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa ya sobb bagi yang menjalankannya. Oke lah kali ini saya mau share tentang pengenalan apa itu PHP? Pemberi Harapan Palsu jawab anak gaoool....hehhee, yang benernya adalah Hypertext Preprocessor walaupun pada kenyataan awalnya adalah merupakan kependekan dari Personal Home Page atau Situs personal. PHP digunakan sebagai bahasa pemeroraman berbasis server side, artinye sebuah halaman web yang berjalan disisi server, berbeda dengan HTML yang merupakan bahasa WEB yang sifatnya statis, karena itulah PHP banyak digunakan karena sifatnya yang dinamis sehingga bisa berinteraksi dengan database, file dan folder, sehingga PHP dapat menampilkan konten yang dinamis dari sebuah Web. PHP merupakan software Open Source yang artinya bahasa pemerograman ini dapat digunakan secara bebas dan leluasa tanpa ada lisensi yang terikat dan anda pun dapat mendownloadnya melalui situsnya di http://www.php.net. 
Menurut sejarahnya PHP diciptakan pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994, awalnya PHP digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung dalam webnya. Namun pada tahun 1996 PHP telah banyak digunakan oleh website di seluruh dunia brooooo! yang sehingga sampai saat ini PHP cukup handal untuk keperluan web site.
Bagaimanakah cara menggunakan  PHP ?..
untuk menggunakan PHP ini caranya anda harus memiliki sebuah server lokal yang disebut Local Server yang fungsinya sebagai simulator WEB agar bisa berjalan layaknya hosting online. Anda dapat menggunakan servel lokal dengan software Apachee, Xampp, Wamp atau yang sejenisnya. Setelah itu apalagi yang dibutuhkan untuk menggunakan PHP ? yang harus kita install di PC kita adalah program teks editor. sebenarnya teks editor ini sudah tersedia di setiap sistem operasi baik windows maupun linux akan tetapi terkadang teks editor yang disediakan oleh bawaan sistem operasi kurang begitu power full untuk mengerjakan tugas ini, baiknya bagaimana ?.. baiknya gunakan teks editor seperti Notepad+ + atau atom dream weaver juga bisa sobb.
Nah itulah sedikit Penegrtian tentang PHP dari Cakar Media, lain kali akan saya lanjutkan bagaimana cara penggunaan PHP ini pada artikel selanjutnya.
terima kasih semoga ada manfaatnya untuk pembaca.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar