Cara Membuat Database dengan Ms. Access 2013 dengan Mudah

Hallo sobat apa kabarnya ? semoga baik-baik saja. udah lama nih gak ngebloging lagi, maklum saya lagi sedang sibuk-sibuknya urusi Pernikahan nih hehehe, jadi CURHAT..
OK! langsung aja, kali ini saya mau Share lagi tentang Bagaimana Cara membuat database dengan Menggunakan Program Ms. Access?. kali ini saya mau share untuk para pemula khususnya cara-cara membuat Database dengan Ms. Access 2013.
Sebelum saya memulai langkah-langkah pembuatannya, saya arap sobat sudah paham ya apa fungsi dari Database, dan pegertiannya karena hal tersebut sangat penting juga untuk pemahaman kita.

Langkah pertama, Pastikan komputer anda sudah terinstal program Database Ms. Access 2013 atau Versi berapa saja juga boleh.
Langkah berikutnya, Buka program Ms. Access tersebut dengan cara klik Ikonnya yang berada di Desktop atau melalui Runing di Start. setelah itu maka akan muncul gambar seperti berikut

dibagian ini saya tidak menjelaskan satu persatu pada tampilan Ms. Access 2013, akan tetapi saya akan fokus pada bagian tahap pembuatan database saja.
Langkah berikutnya, untuk membuat databasenya, klik Blank Desktop Database, setelah itu maka akan di minta memasukan Nama Databasenya, dan ganti nama Databasenya sesuai dengan kebutuhan.

Klik Create untuk membuat Databasenya


Setelah itu maka akan muncul seperti pada gambar berikut


Secara default didalam konsep Database ada beberapa macam type jenis object, seperti Tabel, Form, Query dan lainnya, akan tetapi disini saya akan fokuskan terlebih dahulu di bagian pembuatan Tabel.
Tabel sendiri berfungsi untuk menyimpan beberapa data seperti Record, contohnya, angka seperti Nama, Alamat, Jenis Kelamin, Password, gambar dan lainnya. sekarang kita akan membuat tabelnya. 

klik menu View lalu pilih Design View, setelah itu simpan nama Tabelnya contoh "data_siswa" tanpa tanda kutip. 



Setelah anda sudah selesai pada tahap tersebut, sekarang masukan beberapa Field seperti pada contoh berikut " ini hanya contoh, mungkin anda bisa memodifikasinya sesuai dengan keinginan"


Keterangan pada gambar diatas adalah,
- kita bekerja pada Tabel data siswa
- Field Name adalah nama dari field
- Data Type adalah bentuk dari Tipe Data Tabel
- Description adalah Penjelasan dari Field name
Pada bagian Data Type terdapat beberapa data yang berbeda 
- Auto Number adalah merupakan tipe yang berkarakter automatis, artinya ketika record di tambah kedalam database tabel maka secara otomatis field tersebut akan memberikan nomor urut secara sistematik
- Short text merupakan jenis Tipe Data yang berkarakter Teks dengan range terbatas 255 karakter teks
- Data/Time merupakan jenis Tipe Data berkarater format tanggal, hari, bulan dan tahun
- Long Text merupakan kebalikan dari Short Text

Sebenarnya untuk pembuatan tabel pada tahap ini sudah lengkap, akan tetapi agar Databasenya lebih sempurna dan dapat digunakan dengan kita harus membuat Form yang dimana form tersebut berupa aplikasi yang dinamis, artinya kita dapat menginput data dari sebuah aplikasi buatan kita sendiri tanpa harus memasukan Data dari tabel mentahnya. Untuk pembuatan nanti saya akan lanjutkan pada pada edisi yang lain. 

Setelah Tabel database sudah selesai, sekarang kita akan lihat pada Tampilan Data Sheet View.

Berikutnya masukan Datanya seperti contoh pada gambar dibawah ini.


Selesai!!.. 
Ya sobbat Muda mungkin itu saja langkah-langkah mudah membuat Database dari program Ms. Access 2013, semoga bermanfaat. mohon maaf jika ada kekurangannya.

video yang berkaitan untuk pembuatan Database ada di bawah ini 






Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar