Yuk Kita Bikin Video Clip Sendiri


Salam Musisi Indonesia… Apakah anda salah satu termasuk orang yang hoby menciptakan lagu-lagu sendiri ? jika ya, mulai saat ini, mulailah mengabadikan karya-karya  anda dengan mengkombinasikan antara recording audio dengan video. Untuk memiliki video clip sendiri, anda tidak perlu menunggu produser atau tawaran pihak recording. Di zaman serba canggih ini kita perlu sedikit kreatif dalam artian memanfaatkan teknologi dengan maksimal tanpa perlu mengandalkan tenaga profesional yang memerlukan biaya tinggi. dalam hal ini anda perlu sedikit membutuhkan beberapa keahlian seperti : merekam gambar yang baik, mengatur pencahayaan disaat take clip, mengatur gerakan mimik, mengoperasikan software video editing dan audio editing.
Tahap pertama yang harus dilakukan jika ingin membuat video clip sendiri yaitu, tentunya anda sudah memiliki lagu karya/ciptaan sendiri yang sudah di aransemen. tahap berikutnya adalah, rekam lagu anda di studio yang memiliki fasilitas recording,untuk bagian ini tidak perlu ke studio yang profesional, saat ini banyak sekali jasa-jasa recording yang murah meriah, dengan kisaran harga Rp.200.000/ track. syukur-syukur anda punya studio sendiri dan mampu menggunakan software audio editing. untuk audio editing anda bisa menggunakan beberapa program seperti, calk walk, nuendo, sound recorder, audac city, fruity loops, dan lain-lainnya.
Setelah lagu anda sudah jadi dengan proses recording, tentunya anda sudah memiliki file audionya, misalnya dalam format Mp3. Tahap berikutnya adalah membuat story board atau konsep alur cerita, buatlah konsep ceritanya sesuai dengan kondisi lagu yang anda buat, misalnya jika lagu anda berkarakter galau atau sedih, maka acting nya juga harus galau. Konsep cerita ini anda bisa buat di buku atau selembar kertas yang bisa dihapal oleh si pemerannya.
Setelah konsep cerita sudah jadi, langkah berikutnya adalah, mempersiapkan propertyatau perabotan yang di perlukan pada saat recording clip seperti, pakaian, alat musik, kendaraan, wig, dan lain-lainnya. Berikutnya adalah take video clip, untuk tahapan ini, anda tidak perlu menyewa tenaga cameraman dan camera yang profesional , cukup gunakan handy cam, atau alat recording lainnya seperti handphone.
Untuk pengambilan gambar video, anda bisa tentukan sesuai dengan tema lagu anda, misalnya, jika lagu anda memiliki konsep galau atau sedih, mungkin saja anda bisa ambil gambarnya dengan gaya India yang lagi galau, hehehe… Perlu anda ketahui untuk teknik pengambilan gambar video ini, anda harus siapkan master lagu anda yang harus anda putar untuk mengiringi gerakan seperti, gerakan mimik untuk vocal, gerakan tangan untuk gitar, drum, keyboard, kesemuanya itu harus sesuai dengan irama pada lagu anda, jika tidak sesuai maka akan menimbulkan delay ketidak cocokan dalam gerakan.
Setelah proses recording clip sudah selesai, tentunya anda memiliki beberapa potongan-potongan video yang harus anda edit dan di satu padukan dengan lagu anda. untuk tahapan ini anda bisa menggunakan beberapa program seperti, adobe primere, adobe after effect, pinnacle, atau windows movie maker. Jika video clip anda sudah jadi, anda bisa mempromosikan band anda melalui beberapa televisi lokal, youtube, atau blog. Siapa tau ada produser yang tertarik dengan band anda, dan band anda bisa terkenal seperti band-band papan atas. hehe.. mudah -mudahan band Indonesia semakin di depan dan tetap berjaya. selamat mencoba!!
Dibawah ini adalah contoh video salah satu band di tempat saya, yang saya edit dengan spesifikasi, kamera pocket cannon, dan Hp Black Berry. video editing, Pinnacle, After Effect.


Previous
Next Post »
Comments
1 Comments

1 komentar:

Click here for komentar
Aing Lee
admin
1 Maret 2015 02.24 ×

tess

Congrats bro Aing Lee you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Terima Kasih Sudah Berkomentar