SISWA LEBIH TERTARIK GAYA MENANTANG

Mungkin judul diatas agak sedikit nyeleneh jika di perhatikan. Ya! memang begitulah gaya tulisan yang menantang!..hehe
judul dengan konotasi yang sedikit nyeleneh ini, terinspirasi ketika saya mengadakan Tes tertulis kepada siswa/i TKJ SMK Al-Muhtadin dengan gaya permainan Puzzle. Puzzle yang saya maksud disini adalah jenis permainan Teka Teki Silang yang di cetak dan disebarkan ke masing-masing siswa untuk di isi pada kolom-kolom isian.
contoh teka-teki silang sebaran
dokumen sahrir TTS
nampaknya siswa lebih antusias ketika saya mengadakan tes tertulis dengan gaya puzzle seperti ini. mereka sangat menikmati apa yang saya berikan dan lebih kondusif dan fokus pada pertanyaan-pertanyaan yang berteka teki. hmmmh sebenarnya ini metode zaman dahulu tetapi masih ampuh untuk di praktikan untuk gaya mengajar. Tak terasa mendampingi siswa untuk mengisi jawaban-jawaban teka teki tersebut sampai waktu jam pelajaran berakhir, masih ada beberapa siswa yang belum selesai mengerjakan soal-soal puzzle teka-teki tersebut, hingga pada akhirnya saya berikan dead line 5 menit untuk menyelesaikan tugas itu sampai tuntas. Ada salah satu siswa yang berkata " Pak ini menarik sekali pak, besok kayak gini lagi ya pak!"  dengan senang hati saya menjawab IYA.
Mungkin ini salah satu pengalaman saya untuk mengukur kemampuan siswa dengan cara memberikan tes tertulis yang tidak membuat siswa merasa bosan, dan mungkin juga buat rekan-rekan guru yang ingin membuat puzzle teka-teki silang seperti saya, bisa membuatnya dengan menggunakan software gratisan yaitu "Eclipse Crossword" bisa di download gratis, lalu instal di komputer/laptop anda.
Untuk penggunaan sofware ini mudah sekali caranya, anda tinggal membuat lembar kerja barunya, seperti pada gambar- gambar berikut :


Langkah 1
Buat lembar kerja Baru
Lembar kerja baru awal

Langkah 2
Pilih radio Button Let Me create a word bla bla bla bla

Langkah 3
Buatlah soal dan jawabannya
Buatlah soal dan jawabannya

Langkah 4
setelah selesai klik button add word to list
setelah selesai klik button add word to list

Langkah 5
setelah itu simpan nama dokumennya
setelah itu simpan nama dokumennya

Langkah 6
Buat nama deskripsi untuk judul TTS dan pembuatnya
klik next

Langkah 7
Buat ukuran besar kecilnya kotak

besar kecilnya

Langkah 8
Selesai dan gunakan

Jika rekan-rekan guru ingin mencetaknya dengan format dokumen, anda bisa mengubahnya di saat ingin mempublishing dokumen ini. bagian publishing dokumen ini ada beberapa type yaitu dengan type, web, png, rtf dokumen, dan lain-lainnya. 
Nampaknya inilah yang membuat tes tertulis puzzle menjadi menantang dan ternyata siswa suka soal yang menantang. hehe
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar