Shortting dan filtering Data pada Ms. Excel

Hallo sobat Muda yang budiman, masih bersama saya dengan Aing lee di Cakar Media, kali ini saya mau kasih sedikit tuturoial untuk anda, yaitu bagaimana cara menshorting dan filtering data pada program Ms. Excel. nah Fungsi drai shorting dan filtering data ini yaitu untuk mengurutkan data sesuai dengan keinginan kita, misalnya mengurutkan data sesaui dengan abjad huruf, sistemtika angka, berdasrkan warna, kecil ke terendah, tertinggi ke terkecil dan banyak lagi fungsi yang lainnya. untuk lebih jelasnya yuk kita simak.

Buatlah data secara acak, atau jika anda sudah punya datanya, silahkan di praktikan ya :-), seperti ini kira kira datanya.


















Pada tabel diatas merupkan tabel yang acak tidak berurutan berdasarkan abjad, sekarang kita akan buat tabelnya secara berurutan sesuai dengan huruf abjad yang pertama, dari A-Z dengan cara, seleksi range cell B2 sampai J16 seperti gambar dibawah ini :



















Berikutnya, klik menu short & Filter dan pilih Custom Short














Selanjutnya, kita konfigurasikan berdasarkan abjad pada nama siswa











dalam hal ini anda juga bisa mengurutkan data berdasarkan nilai tertinggi, dengan memilih Sort By nya. tapi pada tutorial ini saya mengurutkan data berdasarkan Nama. dan hasilnya seperti ini :



















Ok sekian dulu materi ini drai saya, selamat berexperiment.

Video Yang terkait


Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar