PENGERTIAN SYUKUR

Lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna adzaabi lasyadid
Artinya: 
“Barangiapa mensyukuri nikmat-Ku, maka akan Ku tambahkan nikmat baginya. Dan barangsiapa kufur terhadap nikmatKu, sesungguhnya adzab-Ku amat pedih.” (Q.S. Ibrahim : 7)

itulah salah satu ayat al-qur'an yang menjelaskan definisi syukur jika kita kaji pengertian tersebut "barangsiapa mensyukuri nikmatku (firman Allah), maka akan kutambahkan nikmat baginya" (untuk makhluk seperti manusia, jin dan lainnya) disinilah kunci dimana keberhasilan orang akan tercapai, jarang sekali orang mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan karena dibaluti rasa kesombongannya dan keangkuhannya.
Adapun pengaplikasian syukur ini memiliki 3 tingkatan yaitu :
1.Bersyukur dengan lidah [lisan] atas segala nikmat yang di berikan dengan penuh kerendahan hati.
2.Bersyukur dengan badan, yaitu dengan berkhidmat dan menggunakannya dalam kebaikan.
3.Bersyukur dengan hati, yaitu dengan menahan diri dan senantiasa menjaga hati dari hal-hal yang di haramkan.
Syukur merupakan akhlak para Nabi dan juga karakteristik para wali atau kekasih Allah. Bahkan Allah sendiri menamakan diri-Nya dengan nama Asy-Syakur (Maha mensyukuri/Maha Pembalas Jasa) sebagai mana terdapat di dalam beberapa ayat al-Qur’an:
“Dan menambah kepada mereka karunia-Nya, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lag Maha mensyukuri”. (Qs.Fathir:30)
Allah Maha Pembalas Jasa dan lagi Maha Penyantun”. (Qs. At-Taghabun:17)
“Sesungguhnya Allah Maha Penganmpun lagi Maha Mensyukuri”. (Qs.Asy-Syura:23)
 Maka itu kita sebagai makhluk Allah yang memiliki ilmu pengetahuan dan kebudayaan perlu dan wajib untuk mensyukuri nikmatnya agar mendapatkan ridho dan keberkahan serta di jauhkan dari balabencana.
Berikutnya  
"Dan barangsiapa kufur terhadap nikmatKu, sesungguhnya adzab-Ku amat pedih"
disinilah kita menemukan kata-kata kufur nikmat yang di ancam dengan balasan "Adzabku sangat pedih" jika kita kaji lebih jauh dan coba kita flash back banyak sekali kejadian-kejadian yang menimpa bangsa kita, keluarga kita, teman kita bahkan diri kita sendiri yang tanpa kita sadari itu adalah bagian dari "Adzab" kata adzab itu memiliki artian dari siksaan, acaman penderitaan, kesengsaraan. untuk itu perlulah kita menyadari sebelum datang teguran dari yang maha kuasa.
mudah-mudahan  kita termasuk orang-orang yang bersukur terhadap rizki-rizki yang telah Allah berikan. Amin
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Terima Kasih Sudah Berkomentar